RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP N 3 Makassar
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Tema : What do They Look Like?
Kelas/Semester : VII/2
Waktu : 1 x 40 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI-1. Menanggapi dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
KI-2. Menghargai perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, toleran, motivasi
internal, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan) dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI-3.Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora
dengan wawasan keagamaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena
dan kejadian yang tampak mata
KI-4.
Mencoba, mengolah dan menyaji berbagai hal dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan dari berbagai sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetansi
Dasar
KD-1.
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional.
KD2.1.Menghargai perilaku santun dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman
KD3.11.Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan dari teks deskriptif lisan dan tulis tentang benda sangat pendek dan
sederhana
KD4.12.Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis,
sangat pendek dan sederhana tentang benda dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai dengan konteks
C.
Indikator
1.
Spiritual
a. mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa internasional
2.
Sosial
a. menunjukkan perilaku santun dan peduli terhadap guru
dan teman
3. Pengetahuan
a. mengamati dan mendiskusikan contoh teks
deskriptif tulis untuk memahami cara mendeskripsikan tentang benda
4. Ketrampilan
a. mampu membuat teks deskriptif tulis sangat pendek dan
sederhana tentang
benda
D. Tujuan
1. Setelah
pelajaran selesai peserta didik dapat mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional secara
konsisten
2. Setelah pelajaran selesai peserta didik dapat
menunjukkan sikap santun dan peduli terhadap guru dan teman secara terus
menerus
3. Setelah
pelajaran selesai peserta didik dapat memahami cara mendeskripsikan teks
deskripsi beserta unsur-unsurnya secara akurat
4. Setelah
pelajaran selesai peserta didik dapat membuat
teks deskriptif sangat pendek tentang
benda
E.
Materi
Pokok
Teks
deskriptif sederhana tentang benda
1. Fungsi
sosial
Membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji,
dan mengkritik
2. Struktur
teks
a. Penyebutan
nama benda dan nama bagian-bagian yang dipilih untuk dideskripsikan.
b. Penyebutan
sifat benda dan bagiannya
c. Penyebutan
tindakan dari atau terkait dengan benda yang semuanya sesuai dengan fungsi
sosial yang hendak dicapai
3. Unsur
kebahasaan
a. Penyebutan
kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s)
b. Kata
ganti it, they, she, we, dst; our, my,
your, their
c.
Kata sifat yang sangat lazim, old, big, small, easy, difficult, tall, short,
beautiful, new, fast, heavy, long
d.
Kata kerja untuk menyatakan keadaan
dan tindakan rutin dalam simple present
tense: be, have, go, play, get, take, move, bring, put
e. Ejaan
dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
f. Ucapan,
tekanan kata, intonasi ketika mempresentasikan secara lisan
F.
Sumber
1.
Bahasa Inggris. When English Rings the Bell kelas VII: buku guru / Kementrian
pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.2013. halaman
G.
Pendekatan/Metode/Teknik Pembelajaran
Pendekatan : scientific
approach
Metode :
Inquiry-based Learning
Teknik : diskusi, tanya jawab, pemberian tugas.
H.
Langkah
– langkah
Fase
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
a. orientasi
·
Peserta didik merespon salam, menjawab absen dan menjawab pertanyaan guru tentang kondisi dan pembelajaran
sebelumnya.
b. motivasi
·
Peserta didik mendengarkan
motivasi dari guru untuk belajar yang sungguh-sungguh dan ikhlas
c.apersepsi
·
Peserta didik menerima informasi
tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan
·
Peserta didik menerima informasi
kompetensi materi, tujuan, manfaat,dan langkah pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
|
5’
|
Kegiatan Inti
|
a.
Mengamati
·
Peserta didik memperhatikan
berbagai macam gambar benda
·
Peserta didik menirukan
pengucapan kata yang ditunjukkan secara terbimbing
·
Peserta didik memperhatikan langkah langkah penulisan teks deskriptif
seputar gambar benda yang diperlihatkan.
b.
Mempertanyakan
·
Peserta didik mempertanyakan
tentang fungsi social, unsur kebahasaan, struktur teks, format penulisan yang
digunakan dalam teks deskriptif
c.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik diberi nama benda
yang hurufnya diacak dan diminta untuk menyusun huruf menjadi kata yang benar
kemudian diminta untuk menuliskan ke papan tulis.
d.
Mengasosiasi
·
peserta didik diminta
untuk membentuk kelompok terdiri dari 3/4 orang
·
Peserta didik diberi gambar benda dan diminta untuk mendeskripsikannya
e.
Mengkomunikasikan
·
Peserta didik diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi
kelompoknya didepan kelas
|
5’
5
’5
5’
5’
5
|
Penutup
|
a. simpulan
·
Peserta didik bersama guru
menyimpulkan pembelajaran
b.refleksi
·
Peserta didik melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
c.evaluasi
·
Peserta didik menjawab pertanyaan
yang diberikan oleh guru.
d.penugasan
·
Peserta didik diberi tugas untuk menemukan beberapa kata dalam teks yang diberi.
|
5’
|
I.
Penilaian
1. Penilaian proses sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Keterangan
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
Rasa
hormat
Jujur
Peduli
Berani
Percaya
diri
Komunikatif
Peduli
sesama
Ingin
tahu
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
Penilaian dari Segi Tingkah Laku
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Keterangan
|
1
2
|
Kerjasama
kelompok
Melakukan
tindak komunikasi yang tepat
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar Pengamatan
|
|
3.
Penilaian hasil
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Mengidentifikasi
fungsi sosial, ungkapan, dan struktur teks, unsur kebahasaan serta format
penulisan (linguitic features) yang digunakan dalam teks deskriptif
|
Tes
|
Tulis
|
Identify
the following text and find out the language feature
|
Menyusun
teks deskriptif sederhana tentang benda
|
Tes
|
Tulis
|
Write
down a simple descriptif text about your motor cycle, knife and table.
|
Makassar, 25 Maret 2014
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIP. NIP.
LAMPIRAN I
RUBRIK
PENILAIAN
a. Aspek
Sikap
No.
|
Butir
Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan
skor
|
1.
|
Sungguh-sungguh
|
5:
selalu sungguh-sungguh
4:
sering sungguh-sungguh
3:
kadang-kadang sungguh-
sungguh
2:
jarang sungguh-sungguh
1:
tidak pernah sungguh-sungguh
|
5
4
3
2
1
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
5:
selalu tanggung jawab
4:
sering tanggung jawab
3:
kadang-kadang tanggung
jawab
2:
jarang tanggung jawab
1:
tidak pernah tanggung jawab
|
5
4
3
2
1
|
3.
|
Peduli
|
5:
selalu peduli
4:
sering peduli
3:
kadang-kadang peduli
2:
jarang peduli
1:
tidak pernah peduli
|
5
4
3
2
1
|
4.
|
Kerjasama
|
5:
selalu kerjasama
4:
sering kerjasama
3:
kadang-kadang kerjasama
2:
jarang kerjasama
1:
tidak pernah kerjasama
|
5
4
3
2
1
|
5.
|
Cinta
damai
|
5:
selalu cinta damai
4:
sering cinta damai
3:
kadang-kadang cinta damai
2:
jarang cinta damai
1:
tidak pernah cinta damai
|
5
4
3
2
1
|
JUMLAH 75
b.
Aspek
Pengetahuan
No.
|
Butir
Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan
skor
|
1.
|
Struktur
teks
|
5: Hampir sempurna
4:ada kesalahan tapi tidak
mengganggu makna
3: ada beberapa kesalahan dan
mengganggu makna
2: banyak
kesalahan dan
mengganggu makna
1: terlalu banyak kesalahan
sehingga sulit
dipahami
|
5
4
3
2
1
|
2.
|
Pilihan
kata
|
5: Hampir sempurna
4: ada kesalahan tapi tidak
mengganggu makna
3: ada beberapa kesalahan dan
mengganggu makna
2: banyak kesalahan dan
mengganggu makna
1: terlalu
banyak kesalahan
sehingga sulit
dipahami
|
5
4
3
2
1
|
JUMLAH 15
c. Aspek Tingkah laku
No.
|
Butir
Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan
skor
|
1.
|
Melakukan
tindak komunikasi yang tepat
|
5: Selalu melakukan kegiatn
komunikasi yang tepat
4: Sering melakukan kegiatan
komunikasi yang tepat
3: Beberapa kali melakukan
kegiatan komunikasi
yang
tepat
2: Pernah melakukan kegiatan
komunikasi yang tepat
1: tidak pernah melakukan
kegiatan komunikasi
yang
tepat
|
5
4
3
2
1
|
JUMLAH 15
LAMPIRAN 2
Look
at the following picture and say the word correctly
and pay attention on teacher explanation (use LCD)
LEMBAR
KERJA SISWA
TASK 1
Rearrange these jumbled letter into good order. Do it individually!
1.
P – A – L – E – P = ……………………………….
2.
I – C- P – N – E – L = ……………………………….
3.
O – K – B – O = ……………………………….
4.
E – S – O – H – S = ……………………………….
5.
F–K–I–N–E = ……………………………….
6.
W – O – E – T – L = ……………………………….
7.
H – E – S – U – B – T – R – O – H – O
– T – S = ………………………………..
8.
L–E–T–B–A = …………………………………
9.
E–C–O–R–T–M–Y–O–L–C = ………………………………...
10.
R – N – E – D – B – L – E = ………………………………...
TASK 2
Make
a group of three or four then observe the following picture accurately, then
compose a simple descriptive text. These questions will guide you in writing
the sentences.( What is it? What is the characteristic ? what for is the thing?
)
1.
2.
3.
HOME WORK
Read the paragraph below after that write down the
name of things you find in the text.
1.
My name is Snow white. I have a father.
He is a king. I live in the castle. An apple is my favourite fruit. I am the
most beautiful girl in the world.
2.
I have a cat. It’s name is Pussy. It has
soft fur. It eats salty fish. It likes to sleep under the table in the dinning
room.
3.
This is my classroom. The room is very
big. It has 17 tables and 33 chairs. There some students in my class. They are
my classmate.
4.
It is a bounch of spinach. The color is
green. I plant it in my backyard.
5.
Ery is my friend. She has pointed nose.
Her hair is very long. She always has a ribbon on her hair. She likes reading a
novel.
WRITE HERE:
yang mau info ttg kurikulum 2013 leave comment aja
BalasHapusntar saya bantu :)