Rabu, 21 Mei 2014

RPP BAHASA INGGRIS KURIKULUM 2013 KELAS VII SMP "WHAT DO THEY LOOK LIKE"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                   :  SMP N 3 Makassar
Mata Pelajaran        :  Bahasa Inggris
Tema                       :  What do They Look Like?
Kelas/Semester       :  VII/2
Waktu                     :  1 x 40 menit

A.    Kompetensi Inti
KI-1. Menanggapi dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2. Menghargai perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, toleran, motivasi internal, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan) dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3.Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan keagamaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
   KI-4. Mencoba, mengolah dan menyaji berbagai hal dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetansi Dasar
KD-1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional.
        KD2.1.Menghargai perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman
KD3.11.Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif lisan dan tulis tentang benda sangat pendek dan sederhana
KD4.12.Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana tentang benda dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai dengan konteks

C.    Indikator
1.        Spiritual 
  a. mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa  Inggris sebagai bahasa  internasional
2.  Sosial 
a. menunjukkan perilaku santun dan peduli terhadap guru dan teman
3. Pengetahuan  
a. mengamati dan mendiskusikan contoh teks deskriptif tulis untuk memahami cara mendeskripsikan tentang benda
4. Ketrampilan
a. mampu membuat teks deskriptif tulis sangat pendek dan sederhana tentang
    benda

D.    Tujuan
1.      Setelah pelajaran selesai peserta didik dapat mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional secara konsisten
2.    Setelah pelajaran selesai peserta didik dapat menunjukkan sikap santun dan peduli terhadap guru dan teman secara terus menerus
3.      Setelah pelajaran selesai peserta didik dapat memahami cara mendeskripsikan teks deskripsi beserta unsur-unsurnya secara akurat
4.      Setelah pelajaran selesai peserta didik dapat membuat  teks deskriptif sangat pendek tentang  benda





E.     Materi Pokok 

Teks deskriptif sederhana tentang benda

1.      Fungsi sosial
Membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, dan mengkritik
2.      Struktur teks
a.       Penyebutan nama benda dan nama bagian-bagian yang dipilih untuk dideskripsikan.
b.      Penyebutan sifat  benda dan bagiannya
c.       Penyebutan tindakan dari atau terkait dengan benda yang semuanya sesuai dengan fungsi sosial yang hendak dicapai
3.      Unsur kebahasaan
a.       Penyebutan kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s)
b.      Kata ganti it, they, she, we, dst; our, my, your, their
c.       Kata sifat yang sangat lazim, old, big, small, easy, difficult, tall, short, beautiful, new, fast, heavy, long
d.      Kata kerja untuk menyatakan keadaan dan tindakan rutin dalam simple present tense: be, have, go, play, get, take, move, bring, put
e.       Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
f.       Ucapan, tekanan kata, intonasi ketika mempresentasikan secara lisan

F.     Sumber

1.         Bahasa Inggris. When English Rings the Bell kelas VII: buku guru / Kementrian pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.2013. halaman

G.     Pendekatan/Metode/Teknik Pembelajaran 
Pendekatan : scientific approach
Metode       :  Inquiry-based Learning
Teknik        : diskusi, tanya jawab, pemberian tugas.




H.    Langkah – langkah
Fase
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
  a. orientasi
·         Peserta didik merespon salam, menjawab absen dan menjawab pertanyaan  guru tentang kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
  b. motivasi
·         Peserta didik mendengarkan motivasi dari guru untuk belajar yang sungguh-sungguh dan ikhlas
  c.apersepsi
·         Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
·         Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat,dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

5’
Kegiatan Inti

a.       Mengamati
·         Peserta didik memperhatikan berbagai macam gambar benda
·         Peserta didik menirukan pengucapan kata yang ditunjukkan  secara terbimbing
·         Peserta didik memperhatikan langkah langkah penulisan teks deskriptif seputar gambar benda yang diperlihatkan.
b.      Mempertanyakan
·         Peserta didik mempertanyakan tentang fungsi social, unsur kebahasaan, struktur teks, format penulisan yang digunakan dalam teks deskriptif
c.       Mengeksplorasi
·         Peserta didik diberi nama benda yang hurufnya diacak dan diminta untuk menyusun huruf menjadi kata yang benar kemudian diminta untuk menuliskan ke papan tulis.
d.      Mengasosiasi
·          peserta didik diminta untuk membentuk kelompok terdiri dari 3/4 orang
·         Peserta didik diberi gambar benda dan diminta untuk mendeskripsikannya

e.       Mengkomunikasikan
·         Peserta didik diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya didepan kelas 


5




5




5






5







5






5
Penutup
 a. simpulan
·         Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
 b.refleksi
·         Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
c.evaluasi
·         Peserta didik menjawab pertanyaan yang  diberikan oleh guru.
d.penugasan
·         Peserta didik diberi tugas untuk menemukan beberapa kata dalam teks yang diberi.


5’





I.       Penilaian

1.      Penilaian proses sikap
No
Aspek yang dinilai
Teknik
Penilaian
Waktu
Penilaian
Instrumen
Penilaian
Keterangan
1
2
3
4
5
6
7
8
Rasa hormat
Jujur
Peduli
Berani
Percaya diri
Komunikatif
Peduli sesama
Ingin tahu
Pengamatan
Proses
Lembar  Pengamatan



2.      Penilaian dari Segi Tingkah Laku
     
No
Aspek yang dinilai
Teknik
Penilaian
Waktu
Penilaian
Instrumen
Penilaian
Keterangan
1

2


Kerjasama kelompok
Melakukan tindak komunikasi yang tepat
Pengamatan
Proses
Lembar  Pengamatan



3.      Penilaian hasil

Indikator
Pencapaian
Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
Mengidentifikasi fungsi sosial, ungkapan, dan struktur teks, unsur kebahasaan serta format penulisan (linguitic features) yang digunakan dalam teks deskriptif
Tes
  Tulis
Identify the following text and find out the language feature
Menyusun teks deskriptif sederhana tentang  benda
Tes
 Tulis
Write down a simple descriptif text about your motor cycle, knife and table.


                                                                                                Makassar, 25 Maret 2014
 Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



NIP.                                                                                        NIP.










LAMPIRAN I
RUBRIK PENILAIAN
a.       Aspek Sikap

No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Sungguh-sungguh
5: selalu sungguh-sungguh
4: sering sungguh-sungguh
3: kadang-kadang sungguh-
    sungguh
2: jarang sungguh-sungguh
1: tidak pernah sungguh-sungguh
5
4
3
2
1
2.
Tanggung jawab
5: selalu tanggung jawab
4: sering tanggung jawab
3: kadang-kadang tanggung
    jawab
2: jarang tanggung jawab
1: tidak pernah tanggung jawab
5
4
3
2
1
3.
Peduli
5: selalu peduli
4: sering peduli
3: kadang-kadang peduli
2: jarang peduli
1: tidak pernah peduli
5
4
3
2
1
4.
Kerjasama
5: selalu kerjasama
4: sering kerjasama
3: kadang-kadang kerjasama
2: jarang kerjasama
1: tidak pernah kerjasama
5
4
3
2
1
5.
Cinta damai
5: selalu cinta damai
4: sering cinta damai
3: kadang-kadang cinta damai
2: jarang cinta damai
1: tidak pernah cinta damai
5
4
3
2
1
                                                                                         JUMLAH           75     
b.      Aspek Pengetahuan

No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Struktur teks
5: Hampir sempurna
4:ada kesalahan tapi tidak  
   mengganggu makna
3: ada beberapa kesalahan dan
    mengganggu makna
2: banyak kesalahan dan
    mengganggu makna
1: terlalu banyak kesalahan
    sehingga sulit dipahami
5
4

3

2

1
2.
Pilihan kata
5: Hampir sempurna
4: ada kesalahan tapi tidak
    mengganggu makna
3: ada beberapa kesalahan dan
    mengganggu makna
2: banyak kesalahan dan
    mengganggu makna
1: terlalu banyak kesalahan
    sehingga sulit dipahami
5
4

3

2

1
JUMLAH         15
               c. Aspek Tingkah laku

No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Melakukan tindak komunikasi yang tepat
5: Selalu melakukan kegiatn
    komunikasi yang tepat
4: Sering melakukan kegiatan
    komunikasi yang tepat
3: Beberapa kali melakukan
    kegiatan komunikasi yang
    tepat
2: Pernah melakukan kegiatan
    komunikasi yang tepat
1: tidak pernah melakukan
    kegiatan komunikasi yang
    tepat

5

4

3


2

1
JUMLAH         15     
    


                                              
LAMPIRAN 2

Look at the following picture and say the word correctly and pay attention on teacher explanation (use LCD)











LEMBAR KERJA SISWA
TASK 1
Rearrange these jumbled letter into good order. Do it individually!

1.                    P – A – L – E – P                  = ……………………………….
2.                    I – C- P – N – E – L               = ……………………………….
3.                    O – K – B – O                       = ……………………………….
4.                    E – S – O – H – S                  = ……………………………….
5.                    FKINE                           = ……………………………….
6.                    W – O – E – T – L                 = ……………………………….
7.                    H – E – S – U – B – T – R – O – H – O – T – S          = ………………………………..
8.                    LETA                                                               = …………………………………
9.                    ECORTMYOLC                                        = ………………………………...
10.                R – N – E – D – B – L – E                                          = ………………………………...



TASK 2
Make a group of three or four then observe the following picture accurately, then compose a simple descriptive text. These questions will guide you in writing the sentences.( What is it? What is the characteristic ? what for is the thing? )
1.       
2.       
           

3.       
                      







HOME WORK
Read the paragraph below after that write down the name of things you find in the text.
1.      My name is Snow white. I have a father. He is a king. I live in the castle. An apple is my favourite fruit. I am the most beautiful girl in the world.
2.      I have a cat. It’s name is Pussy. It has soft fur. It eats salty fish. It likes to sleep under the table in the dinning room.
3.      This is my classroom. The room is very big. It has 17 tables and 33 chairs. There some students in my class. They are my classmate.
4.      It is a bounch of spinach. The color is green. I plant it in my backyard.
5.      Ery is my friend. She has pointed nose. Her hair is very long. She always has a ribbon on her hair. She likes reading a novel.

WRITE HERE:

1 komentar:

  1. yang mau info ttg kurikulum 2013 leave comment aja
    ntar saya bantu :)

    BalasHapus